TOOLBAR EXCEL

Menu File Microsoft Excel

Dalam menu file terdapat submenu yan masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Submenu tersebut adalah :
  • New digunakan untuk membuat lembar kerja baru.
  • Open digunakan untuk membuka dokumen.
  • Close digunakan untuk menutup jendela workbook.
  • Save digunakan untuk menyimpan data.
  • Save As digunakan untuk menyimpan data yang belum memiliki nama.
  • Save As Web Page digunakan untuk menyimpan kedalam halaman web.
  • Save Workspace digunakan untuk menyimpan sebagai file workspace.
  • File Search digunakan untuk mencari file workbook.
  • Permission digunakan untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut.
  • Web Page Preview digunakan untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.
  • Page Setup digunakan untuk mengatur setting halaman.
  • Print Area digunakan untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak.
  • Print Preview digunakan untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.
  • Print digunakan untuk mencetak data.
  • Send To digunakan untuk mengirimkan file.
  • Properties digunakan untuk Membuat ringkasan file yang aktif.
  • Exit digunakan untuk menutup program Microsoft Excel.

 

Menu Edit

Dalam menu edit terdapat submenu yang memiliki fungsi :
  • Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir.
  • Redo digunakan untuk membatalkan perintah Undo.
  • Cut digunakan untuk memotong naskah.
  • Copy digunakan untuk membuat duplikat naskah.
  • Office Clipboard digunakan untuk menampilkan jendela Cilpboard.
  • Paste digunakan untuk pasangan Cut dan Copy.
  • Paste Spesial digunakan untuk membantu perintah Copy dan Cut.
  • Paste as Hyperlink digunakan untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink.
  • Fill digunakan untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja.
  • Clear digunakan untuk menghapus data.
  • Delete digunakan untuk menghapus dan memindahkan data.
  • Delete Sheet digunakan untuk menghapus sheet.
  • Move or Copy Sheet digunakan untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja.
  • Find digunakan untuk mencari data.
  • Replace digunakan untuk mengganti data.
  • Go To digunakan untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain.

 

Menu View

Dalam menu view trdapat submenu yan memiliki fungsi :
  • Normal digunakan untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal.
  • Page Break Preview digunakan untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja.
  • Task Pane digunakan untuk membuka tampilan perintah.
  • Toolbars digunakan untuk menampilkan toolbar.
  • Formula Bar digunakan untuk memunculkan baris rumus.
  • Status Bar digunakan untuk memunculkan status bar.
  • Header and Footer digunakan untuk membuat header dan footer.
  • Comments digunakan untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja.
  • Custom Views digunakan untuk menyimpan area cetak pada workbook.
  • Full Screen digunakan untuk menampilkan layer secara penuh.
  • Zoom digunakan untuk mengganti ukuran lembar kerja.

 

Menu Insert

Dalam menu insert terdapat submenu yang memiliki fungsi :
  • Cell digunakan untuk menyisipkan sel.
  • Rows digunakan untuk menambah beris sel.
  • Columns digunakan untuk menambah kolom.
  • Worksheet digunakan untuk menyisipkan lembar kerja.
  • Chart digunakan untuk membuat grafik.
  • Symbol digunakan untuk menyisipkan symbol.
  • Page Break digunakan untuk membuat halaman yang terpotong.
  • Function digunakan untuk memasukkan rumus fungsi logika.
  • Name digunakan untuk memberi nama range data.
  • Comment digunakan untuk memberi catatan pada lembar kerja.
  • Picture digunakan untuk menyisipkan gambar.
  • Diagram digunakan untuk membuat diagram.
  • Object digunakan untuk memasukkan gambar.
  • Hyperlink digunakan untuk menghubungkan berkas dengan file.

 

Menu Format

Dalam menu format terdapat submenu yang berfungsi sebagai berikut.
  • Cell digunakan untuk membuat format sel
  • Low digunakan untuk mengatur tinggi baris
  • Column digunakan untuk mengatur lembar kolom
  • Sheet digunakan untuk memformat sheet
  • Auto Format digunakan untuk membuat format table
  • Conditional Formating digunakan untuk memformat nilai data sel
  • Style digunakan untuk mengubah data pada lembar kerja

 

Menu Tools

Dalam menu tools terdapat submenu yang memiliki fungsi sebagai berikut.
  • Spelling digunakan untuk memeriksa data.
  • Research digunakan untuk mencari file.
  • Error Cheking digunakan untuk mengecek kesalahan.
  • Track Changes digunakan untuk melihat pengubahan oleh orang lain.
  • Compare and Merge Workbooks digunakan untuk menggabungkan beberapa workbook.
  • Protection digunakan untuk mengamankan data.
  • Online Colaboration digunakan untuk menyusun pertemuan beserta penjadwalannya.
  • Goal Seek digunakan untuk mengubah nilai rumus.
  • Scenarios digunakan untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel.
  • Formula Auditing digunakan untuk meletakkan rumus dengan menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel dan meletakkan data ke rumus.
  • Makro digunakan untuk menjalankan program makro.
  • Add-Ins digunakan untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins.
  • Auto Correct Option digunakan untuk menampilkan perintah auto corret.
  • Custommize digunakan untuk mengatur toolbars.
  • Options digunakan untuk membuka menu dan tabulasi.

 

Menu Data

Dalam menu data trdapat submenu yang berfungsi untuk :
  • Short digunakan untuk mengurutkan data.
  • Filter digunakan untuk memfilter data.
  • Form digunakan untuk menambah atau mengurangi data.
  • Subtotal digunakan untuk menghitung sub total.
  • Validation digunakan untuk membatasi jenis data yang dimasukkan.
  • Table digunakan untuk membuat table.
  • Text to Columns digunakan untuk membuat naskah text menjadi berkolom.
  • Consolidate digunakan Perintah untuk mengkonsolidasi data.
  • Group and Outline digunakan untuk menggabungkan data.
  • Pivot Tabel and Pivot Chart Report digunakan untuk membuat table dan grafik pivot.
  • Import External Data digunakan untuk mengimpor data luar.
  • Refresh Data digunakan untuk menyegarkan kembali data dari luar.

 

Menu Windows

Dalam menu new window terdapat submenu yang masing-masing memiliki fungsi :
  • New Window digunakan untuk menampilkan lembar kerja yang di edit.
  • Arrange digunakan untuk mengatur jendela.
  • Unhide digunakan untuk menampilkan kembali workbook yang di hidden.
  • Split digunakan untuk membagi lembar kerja.
  • Freeze Panes digunakan untuk membuat supaya sel dibawah dapat terlibat.

 

Menu Help

Dalam menu help terdapat submenu yang masing-masing memiliki fungsi :
  • Microsoft Excel Help digunakan untuk menampilkan office assistant.
  • Show the Office Assistant digunakan untuk melihat keterangan dari topic yang dipilih.
  • Microsoft Excel Online digunakan untuk online.
  • Contact Us digunakan untuk bantuan pada Microsoft.
  • Check for Updates digunakan untuk mengupdate.
  • Detect and Repair digunakan untuk mendeteksi dan memperbaiki Microsoft Excel.
  • About Microsoft Office Excel digunakan untuk melihat penjelasan tentang Excel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan tentang, Rigid Pavement, fleksibel pavement, dan komposit pavement

JENIS-JENIS KERUSAKAN PADA BETON BERTULANG DAN PADA LAPISAN CAMPURAN BERASPAL SERTA UPAYA MENANGANINYA

Efektif dan efisien